Pages

Tuesday, June 1, 2010

Al-Idrus / Al-Aydrus

Yang pertama kali dijuluki (digelari "al aydrus" adalah Waliyullah Abdullah bin Abi Bakar Assakran bin Abdurohman Asseghaf.

Soal gelar Al Aydrus berasal dari kata Utairus yang dalam bahasa indon (melayu) berarti bersifat seperti macan atau singa. maka gelar yang disandang oleh beliau karena pada masa kecilnya beliau selalu di panggil oleh datuknya Waliyullah Abdurohman Asseghaf dengan julukan "utaiyrus". karena keberaniannya menghadapi apapun juga (baik manusia, makhlu2 halus dan sebagainya)

Beliau dilahirkan di kota Tarim Hadramaut pada bulan dzulhijjah tahun811 H. Dikarunia 5 orang anaklelaki. dari ke 5 anak lelakinya hanya 3 orang anak lelakinya yang eneruskan keturunan beliau, masing2 yang dinamai:
1. Alwi yang menurunkan keturunan al aydrus: Al ahmad, al muhtadi, keturunannya berada di bor, di syam, di dhafar (hadramaut) dan di Jawa (indonesia)
2. Husein, menurunkan keturunan al aydrus: al umar bin zein, al ismail, al hazem, al tsibiy, al ma'ighab (menurunkan keturunan: ahmad syarim, hasan bin abdullah, abbas bin abi bakar.
3. syeich, yang menurunkan keturunan al aydrus: Assholabiyyah dan ali zainal abidin.

Keturunan Alwi, Husein, dan syeich bin Abdullah Al aydrus selain berada di Timur Tengah, juga kebanyakan berada di Indonesia.
Waliyullah Abdullah bin Abi Bakar Assukron pulang ke rahmatullah dalam perjalanannya dari kota syihir menuju kota Tarim Hadramaut pada tanggal 12 Ramadhan 865 Hijriyah.

Semoga Allah SWt memasukkan beliau2 ke dalam surga dan menghimpunnya bersama-sama para nabi, para syuhada, para auliya dan para sholihin..ameeen..

Kutipan dari buku petunjuk monogram silsilah
berikut biografi dan arti gelar masing2
leluhur Alawiyyin
penyusun Muhammad Hasan Aidid

* Thanks to one of my friends who was willing to share this info. We talked about THIS Al-Idrus for hours. *





No comments:

Post a Comment